Pages

Jumat, 16 Maret 2012

Cetak Karakter Dengan Posisi Kursor Pada Pemrograman Assembler

Project saat ini kita akan mempelajari bagaimana mencetak karakter dengan lokasi tertentu pada layar tampilan. Seperti kita ketahui bersama bahwa layar komputer itu memiliki 25 Baris dan 80 Kolom. Misal kita akan mencetak karakter pada posisi baris ke 5 kolom ke 30. Berikut kode programnya….

; == Cetak Karakter di Posisi Tertentu ==

.model small
.code
org 100h

mulai: ;== hapus layar ==
 mov AH, 06h
      mov AL, 0  ; banyak baris yang dihapus
 mov BH, 07h  ; warna layar
 mov CH, 0  ; baris kiri
 mov CL, 0  ; kolom kiri
 mov DH, 24  ; baris bawah
 mov DL, 79  ; kolom kanan
 int 10H

 ;== Lokasi ==
 mov AH, 02H
 mov BH, 0
 mov DH, 5  ; baris
 mov DL, 30  ; kolom

 int 10H

 ;== cetak 1 huruf ==
 mov AH, 09h
 mov AL, "a"  ; huruf yang dicetak di layar
 mov BH, 0
 mov BL, 0eH  ; Back hitam tulisan kuning
 mov CX, 1  ; cetak 1 kali
 int 10H

 int 20H       ; kembali ke OS
end     mulai
Kode program diatas menunjukkan 3 proses yaitu 1) proses bersihkan layar 2) proses penentuan lokasi 3) proses cetak karkter. Terlihat bahwa lokasi pencetakan yang ditentukan berada pada lokasi baris 5 kolom 30. Hal ini dapat kita amati pada bagian penentuan lokasi nilai DH = 5 dan DL, 30, kemudian karakter yang dicetak yaitu karakter “a” nlai dari AL pada bagian cetak 1 huruf dan dicetak sebaanyak 1 kali yaitu nilai CX. Apabila kita ingin mencetak karakter tersebut sebanyak 5 kali maka tinggal mengganti nilai CX




0 komentar:

Posting Komentar