Pages

Jumat, 09 Maret 2012

Peraslah Jeruk dan Jadikan Ia Minuman yang Manis

        Orang yang pintar dan terampil selalu bisa mengubah kekalahan menjadi kemenangan. Sementara orang yang tidak terampil semakin mempersulit keadaannya, bahkan seringkali ia membuat dua malapetaka dari suatu perkara. Rasulullah SAW dipaksa meninggalkan Madinah, tapi bukannya Beliau berhenti berdakwah, justru Beliau melanjutkannya di Madinah, kota yang mendapatkan pencerahan secepat kilat yang tercatat di alam sejarah.
        
        Imam Ibnu Taimiyah pernah dipenjara, ketika keluar ia menjadi seorang yang jauh lebih pandai dari sebelumnya. Oleh karena itu, jika anda ditimpa kemalangan, lihatlah sisi baiknya. Jika seseorang memberi anda segelas air jeruk masam, tambahkan gula secukupnya. Dan jika seseorang memberi anda ular sebagai hadiah, ambilllah kulitnya yang berharga dan buanglah sisanya.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, Padahal Ia amat baik bagimu"
(al-baqarah [2] :216)

          Sebelum terjadinya revolusi perancis, pemerintah saat itu telah memenjarakan dua orang penyair yang briliant. Salah satunya adalah orang yang Optimis, sementara orang yang kedua adalah orang yang Pesimis. Keduanya melonggokan kepala keluar jendela sel. Si Optimis kemudian bisa melihat bintang dan tertawa, sedangkan si Pesimis melihat kotornya jalan dan dia menangis. Lihatlah sisi lain sebuah tragedi, dimana keburukan murni tidak pernah ditemui. Dan dalam setiap keadaan, seseorang bisa saja menemukan kebaikan, keberuntungan, serta Pahala dari Allah SWT.

         Maka dari itu hendaknya kita selalu bisa menjadi Orang yang Optimis, yang selalu berfikiran Positif Agar kita dapat selalu memikirkan hal-hal yang baik.

Sumber: Buku berjudul "Don't Be Sad" ( Cara Hidup Positif anpa Pernah Sedih dan Frustasi)
By: [Newbie_str]

2 komentar: