Pages

Senin, 05 Maret 2012

Sekilas pengenalan PHP part 1


PHP singkatan dari Personal Home Page merupakan bahasa pemrograman berbasis web yang dikembangkan dari bahasa C. PHP begitu diminati dikalangan programmer web karena sifatnya  yang open source dan powerfull dan dipadukan dengan database MYSQL menjadikan php sangat pesat perkembangannya.
Berikut ini sedikit penjelasan tentang sintak-sintak php sebagai pengenalan dasar. Ketikkan dinotepad

<? Echo “hello world”;?> 

Tanda “<?” dan “?>” merupakan tag dari bahasa php
Echo merupakan perintah untuk mencetak kelayar. Selain echo, ada juga perintah ”print” dalam mencetak string di php. Contohnya :

<? Print “Saya sedang belajar PHP”;?>
sekarang kettikan :
<?
                $nim=”09.51.500 <br>”;
                $nama = ”James Bond” . “<br>”;
                $jurusan = “Teknik-Informatika” ,”<br>”;
                echo $nim;
                echo $nama;
                echo $jurusan;
?>

Dalam php, untuk mengenalkan variable apapun jenisnya menggunakan tanda “$” entah itu tipe data string, integer, float dan lain sebagainya. Jika kita lihat secara seksama terdapat perbedaan antara penulisan <br> diantara baris.  Masih ingat kan fungsi dari <br> itu apa ?? . bagi yang lupa saya kasih tau aja deh langsung. Fungsi <br> itu adalah untuk memberikan baris baru(istilahnya fungsi enter) pada suatu kalimat. Jika tidak ada <br> maka kata yang dicetak akan menjadi 1 baris aja, padalah kan kita mencetak 3 baris. penggunaan tanda titik(.) dan koma (,) adalah untuk menyambung karakter yang akan dicetak.
Silahkan simpan file tersebut  dengan ekstensi .php  dan ubah type nya menjadi all file. Simpan file tersebut di c:\appserv\www (jika menginstall appserv).  buatlah folder latihan php dan buka browser anda dan ketikan localhost/namafolder /namafile.php . oia sebelumnya anda terlebih dahulu harus menginstall aplikasi webserver dikomputer anda. Aplikasi sejenis Xampp, Appserv atau Lampp dapat anda ambil disitus masing-masing secara gratis karena bersifat opensource. Itulah kelebihannya J. Saya Anggap teman-teman sudah tau cara mengginstal dan menggunakan webserver ya,, kalo internet 2 kemaren kan menngunak IIS. Nah kalo sekarang kita membahas menggunakan Apache. Jika masih ada yang belum tau apa itu apache silahkan searching di om google ya. J
Ok, sekian dulu pengenalan php nya, nanti selanjutnya akan saya bahas lagi lebih lanjut mengenai php . See U , , keep moving forward frend.. :D

0 komentar:

Posting Komentar