Materi kedua pada perkuliahan Pemrograman Visual GUI (VB.Net) masih
beroperasi dengan perhitungan matematis. Tujuan untuk memantabkan proses
konversi nilai, sekaligus bekerja dengan angka-angka desimal. Kali ini
program yang dibuat adalah program perhitungan bangun datar. Ada 3
(tiga) contoh perhitungan bangun datar yang dibuat pada program ini
yaitu :
Perhitungan luas persegi panjang;
Perhitungan luas segitiga;
Perhitungan luas lingkaran.
Untuk perhitungan bangun datar yang lain, silahkan dikembangkan
sendiri. Berikut tampilan program yang akan dibuat. Gunakan komponen
“GroupBox” untuk mengelompokan perhitungan masing-masing bangun datar.
Silahkan desain tampilan terlebih dahulu;
Gambar 01. Form Perhitungan Bangun Datar
OK, setelah selesai memdesain tampilan program, sekarang waktunya untuk pembuatan kode program;
Untuk perhitungan persegi panjang, komponen yang dilibatkan antara
lain TextBox1, TextBox2, TextBox3 dan 2 (dua) buah Button yaitu Hitung
dan Kosong. Hasil perhitungan luas nantinya akan diletakkan pada
komponen TextBox3. Berikut kode programnya :
Double klik pada Button “Hitung” pada frame “Persegi Panjang” kemudian ketikan kode program berikut;
Gambar 02. Kode program hitung luas persegi panjang
Double klik pada Button “Kosong” pada frame “Persegi Panjang” kemudian ketikan kode program berikut;
Gambar 03. Kode program Kosongkan frame persegi panjang
Penjelasan :
Untuk perhitungan luas persegi panjang, nilai panjang didapatkan dari
komponen TextBox1, sedangkan nilai lebar didaptkan dari komponen
TextBox2 kemudian hasil diletakkan pada komponen TextBox3
Klik gambar untuk melihat ukuran gambar yang lebih besar
Selanjutnya untuk perhitungan luas segitiga dan lingkaran silahkan
dicoba sendiri, proses perhitungan diletakkan pada Button “Hitung”
masing-masing. sekedar mengingatkan bahwa untuk menghitung luas segitiga
dan lingkaran dapat menggunakan rumus berikut;
Luas Segitiga = 1/2 * Alas * Tinggi
Luas Lingkaran = Pi (3.14) * Jari * Jari
Silahkan dicoba, saya yakin Anda bisa. Jangan pernah takut dengan Error, karena dengan Error itulah Anda akan pintar !
Output program :
Selamat Berkreasi…
0 komentar:
Posting Komentar